Rabu, 20 Mei 2009

Kartini's Day

Suasana dan semangat Nasionalisme sangat terasa, pada 25 April lalu di Sekolah Nasional Tiga Bahasa Rukun Harapan. Semua siswa/i mengenakan pakaian daerah Indonesia. Sebuah panggung dilengkapi runway tampak berdiri di tengah aula. “ Dari usulan komite sekolah, maka tahun ini untuk memeriahkan hari Kartini sekolah kami mengadakan lomba fashion show dengan mengenakan busana daerah”, tutur Maam Kun, salah satu pengajar yang menjadi MC acara ini. 
Selain siwa, para pengajar, juri dan panitia dari komite juga diwajibkan untuk mengenakan busana daerah, termasuk 2 orang guru penutur asli dari China. “ Kalau pakai kebaya, jadi agak sulit bergerak ya!” , komentar Liu Lao Shi, sambil membantu untuk membenahi salah satu pakaian muridnya. 
Acara dibuka dengan pengenalan tokoh R.A. Kartini kepada anak-anak, kemudian fashion show oleh seluruh pengajar untuk memberikan contoh kepada anak-anak, baru selanjutnya setiap anak diberi kesempatan untuk berpose di panggung. Tampak anak-anak cukup percaya diri untuk berlenggak-lenggok di atas panggung. Namun ada pula yang bertindak spontan sehingga memancing tawa pengunjung dan juri.
” Kegiatan ini bertujuan untuk meneladani semangat Kartini dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia melalui pakaian daerahnya, juga untuk melatih kepercayaan diri anak ”, kata Vivi selaku Ketua Komite Sekolah. Untuk pemenang, dipilih 6 orang untuk setiap kategori kelas. Sedangkan Dewan juri yang menilai terdiri dari anggota Yayasan, perwakilan komite sekolah dan juri tamu. 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar