Kamis, 15 Januari 2009

Latar Belakang Pembentukan Sekolah

Sebenarnya ada 2 faktor pendorong awal berdirinya sekolah ini, yaitu: kesadaran bertambah pentingnya peranan bahasa Mandarin di dunia dan adanya hasil penelitian mengenai perkembangan anak, bahwa dalam tahun-tahun pertama dalam kehidupannya, mereka memiliki kemudahan untuk belajar bahasa melalui stimulasi dari lingkungannya.
Seperti kita ketahui Tiongkok adalah Negara besar yang kemajuan pertumbuhan ekonomi dan industrinya begitu luar biasa. Ditunjang dengan jumlah penduduk yang terbanyak di dunia, maka peranan Tiongkok dalam dunia global sudah semakin penting Dengan demikian Bahasa Nasional yang mereka gunakan juga akan semakin penting peranannya untuk menjadi Bahasa Internasional, di luar bahasa Inggris. 
Tetapi untuk mempelajari bahasa Mandarin bukanlah hal yang mudah, karena bahasa Mandarin adalah bahasa yang unik, ia tidak mengenal abjad seperti bahasa Inggris ataupun Indonesia, setiap benda dilambangkan dengan symbol karakter huruf yang berbeda. Selain itu dalam pengucapannya juga harus mengikuti cara-cara yang telah ditetapkan. 
Didasarkan pada penelitian perkembangan anak, bahwa pada usia awal kehidupannya mereka memiliki kemudahan untuk belajar bahasa asing, selain bahasa ibunya, maka didirikanlah Playgroup, TK, dan SD 3 Bahasa Rukun Harapan ini sebagai sarana bagi anak-anak untuk dapat mempelajari bahasa Mandarin. 
Sebagai sekolah swasta yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Rukun Harapan, Sekolah Nasional Playgroup, TK dan SD RUKUN HARAPAN adalah lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan usaha pendidikan dan pengajaran yang bernaung di bawah pengaturan pemerintah ( Departemen Pendidikan ) dan memiliki ciri khas, yaitu dengan memasukkan Bahasa asing, yaitu Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris ke dalam aspek pengembangan bahasanya, dengan demikian sekolah ini disebut dengan SEKOLAH NASIONAL TIGA BAHASA ( Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Inggris). Demikian pula dengan pembelajaran mengenai nilai-nilai agama, untuk tingkat Palygroup dan TK , sekolah mengajarkan nilai agama secara umum, kelak di tingkat selanjutnya baru diadakan pembelajaran agama secara khusus sesuai dengan agama yang dianut oleh siswa didik.
Playgroup, TK, dan SD Rukun Harapan merupakan sekolah Nasional yang resmi bernaung dibawah Departemen Pendidikan Nasional, sehingga memiliki fungsi seperti yang digariskan pemerintah, yaitu:
• Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak
• Mengenalkan anak dengan dunia sekitar
• Menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik
• Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.
• Mengembangkan ketrampilan, kreativitas dan kemampuan yang dimiliki anak
Menyiapkan anak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar